15
Jul

Tips dan Cara Merawat Jaket Kulit Agar Awet dan Tidak Berjamur

   I.  Tips dan Cara Merawat Jaket Kulit Agar Awet dan Tidak Berjamur

      Jaket kulit membutuhkan perawatan ekstra yang berbeda dari jaket berbahan kain lainnya

Apakah Moms ada yang suka memakai jaket kulit? Lalu, tahukah Moms seperti apa cara merawat jaket kulit?

Jaket kulit kembali populer di tahun 2021. Kepopuleran jaket kulit ini kiat meningkat seiring perkembangan fashion dunia. Dulunya, di tahun 1900-an, jaket kulit dikenakan oleh para penerbang dan anggota militer.

Jaket kulit pertama kali tipe A1 dibuat oleh seorang desainer asal Perancis, Chapal, pada tahun 1925.

Jaket kulit tak hanya sebagai salah satu pelengkap fashion namun juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh di tengah cuaca ekstrem.

Bahkan, jaket kulit digunakan sebagai seragam ensemble untuk melindungi para pilot atau penerbang dari paparan cuaca ekstrem di ketinggian.

Menurut buku berjudul ‘The Black Leather Jacket’ karangan Mick Farren, pada Perang Dunia I, jaket kulit terbuat dari kulit kijang, kulit rusa, kulit domba, dan kulit sapi.

Namun, kini banyak pilihan bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan jaket kulit tak terkecuali bahan kulit sintetis yang harganya lebih terjangkau.

Kepopuleran jaket kulit dimulai pada pertengahan tahun 1940-1950. Jaket kulit semakin diterima masyarakat setelah kerap dikenakan oleh para aktor pria di berbagai film Hollywood seperti Jimmy Stewart di film Night Passage (1957), Gary Cooper di For Whom the Bell Tolls, hingga Harrison Ford dalam serial film Indiana Jones.

Kini, jaket kulit tak hanya dipakai oleh pria saja namun juga menjadi salah satu fashion ikon wanita. Dengan padu padan busana lainnya, jaket kulit bisa terlihat formal, kasual, maupun boyish.

Meski begitu, jaket kulit membutuhkan perawatan ekstra yang berbeda dari jaket berbahan kain lainnya. Sebab, jika tak dirawat dengan baik, jaket kulit yang Moms miliki bisa berjamur, usang, hingga mengelupas.

Nah, berikut ini cara merawat jaket kulit yang baik dan benar.

1. Memakainya Setiap Hari

2. Gunakan Pelembut Jaket Kulit

3. Remas Jaket

4. Basahi Jaket

5. Lap Jaket dengan Kain Kering

         Nah, kebanyakan dari kita tidak sempat dan malas untuk melakukan hal-hal tersebut, dan di jaman modern seperti sekarang ini untuk merawat jaket kulit kesayangan kita mudah sekali, kita bisa hubungi Jasmine Laundry Bogor untuk membersihkan jaket kita tanpa harus khawatir rusak.
Sumber: www.orami.co.id